WHAT'S NEW?
Loading...

12 Fakta Menarik Yang Harus Diketahui Dari Negara Zimbabwe

Zimbabwe1
Zimbabwe adalah sebuah negara tanpa lautan yang keseluruhan negaranya hanya berbentuk sebuah daratan, dan dikelilingi oleh Afrika Selatan di selatan, Zambia di barat daya, Botswana di barat,  dan Mozambique di sebelah timur dan timur laut. selain itu negara ini juga menjadi salah satu negara termiskin yang ada di dunia, selain itu masih banyak fakta-fakta menarik dari negara ini, berikut adalah ulasannya:

1. Sejarah dan Politik
Dahulu, Negara Zimbabwe dikenal dengan sebutan Rhodesia Selatan. Nama ini kemudian berubah menjadi Rhodesia diikuti oleh Zimbabwe Rhodesia. Sekarang, negara ini lebih dikenal dengan nama Republik Zimbabwe. Negara Arab dan Portugal adalah beberapa mitra dagang Zimbabwe sejak zaman dahulu.
Zimbabwe dieksplorasi oleh penjelajah yang bernama David Livingstone. Dahulu,  Negara Zimbabwe masuk kedalam koloni kerajaan Inggris dengan nama Rhodesia Selatan. Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tanggal 18 April 1980 dengan mengangkat Robert Mugabe sebagai presiden pertamanya.
Presiden zimbabwe1
mugabe
Pada awalnya, Zimbabwe memiliki sistem pemerintahan semi-presidensial. namun pada tahun 1987, Presiden Mugabe merevisi konstitusi sehingga menghapuskan pos perdana menteri dalam struktur pemerintahan dan dan merubah sistem pemerintahan menjadi presidensial.

2. Letak Negara
Negara Zimbabwe terletak di ujung selatan bagian timur benua Afrika. Zimbabwe menjadi negara yang terkurung oleh daratan, Zimbabwe berbatasan langsung dengan Negara Afrika Selatan di sebelah selatan, Mozambik di bagian timur, Zambia di sebelah barat daya, dan Negara Botswana di bagian barat laut.
Negara ini terletak di antara dua sungai yaitu sungai Zambezi dan Limpopo. Negara Zimbabwe terletak di antara 20° 0’0” LS dan 30° 0’0” BT.
Dataran tanah tertinggi di negara ini adalah Gunung Nyangani yang mempunyai ketinggian 2.592 m.

3. Keadaan Kondisi Geografis
Negara Zimbabwe memiliki luas total wilayah yaitu 390.580 km persegi dengan hanya 3.910 km persegi ditutupi oleh massa air dan 386.670 km persegi merupakan daratan.
Seluruh dataran di Zimbabwe terdiri dari dataran tinggi yang subur dan berupa pegunungan di sisi timurnya.

4. Sumber Daya Alam
Zimbabwe juga dikenal sebagai tanah legendaris Ophir atau negara kuno yang kaya akan gading dan emas yang berlimpah.
Bahkan saat untuk ini, Negara Zimbabwe diberkati dengan melimpahnya berbagai macam bahan tambang seperti emas, batubara, tembaga, platinum, lithium, kromium, bijih besi, nikel dan asbes.

5. Iklim
Zimbabwe memiliki iklim tropis yang moderat. Negara ini mengalami musim hujan deras antara bulan November dan Maret di setiap tahunnya.

6. Tumbuh-tumbuhan
Vegetasi dominan di dataran tinggi Zimbabwe adalah pohon msasa.
pohon msasa
Beberapa pohon lain yang banyak ditemukan di negara tersebut seperti mopane, baobabs, dan palem savana.

7. Satwa
Zimbabwe kaya akan berbagai macam satwa. Namun, perburuan liar di negara tersebut terus mengancam keanekaragaman aneka satwa di negara ini. Beberapa jenis satwa yang terkenal dari Zimbabwe diantaranya adalah singa, gajah, kerbau liar, babun, macan tutul, rubah, berang-berang, gorila, badak, kuda nil, zebra, babi, simpanse, jerapah, dll.
Negara Zimbabwe juga termasuk kedalam daftar African Safari.

8. Jumlah Populasi dan Budaya
Per bulan Juli tahun 2011, total populasi penduduk Zimbabwe berjumlah sekitar 12.000.000. Penduduk Zimbabwe pada umumnya hidup di bawah garis kemiskinan dengan masalah AIDS dan kematian bayi yang sangat tinggi.
Negara ini juga terkenal dengan berbagai suku seperti Vadoma, Shona, Zulu  dan Lemba.
Suku zulu di zimbabwe1
suku zulu
Mayoritas penduduk di sana menganut agama Kristen dengan sejumlah kecil penduduk menyembah dewa suku tradisional.
Bahasa resmi Negara Zimbabwe adalah bahasa Inggris yang banyak digunakan di kota -kota besar di sana. Bahasa utama lainnya adalah meliputi Bahasa Shona dan Ndebele.

9. Mata Pencarian
Moyoritas mata pencarian masyarakat di sana adalah yang berkaitan dengan sektor pertambangan, pertanian, dll.
Sebagian penduduk yang berpendidikan terlibat dalam bidang pariwisata dan juga aktivitas perdagangan komersial.

10. Mata Uang dan Inflasi
Dolar Zimbabwe (Z$) adalah mata uang resmi di negara ini dan hanya berlaku sampai tanggal 12 April 2009 saja. Setelah itu, akibat inflasi yang sangat parah dan juga akibat kerusuhan politik, nilai mata uang tersebut mencapai titik terendah.
Bahkan nilai tertinggi dari mata uang kertas Zimbabwe yang pernah di cetak di negara tersebut mencapai nominal Z$ 100 triliun.
Dolar Zimbabwe1
Akibat inflasi tak terkendali memaksa kepala bank Zimbabwe memotong nilai mata uang negara tersebut hingga 3 kali.
Pada bulan Juli 2008, Puncak inflasi di Zimbabwe terjadi yang mencapai 231.150.888,87%.
Setelah itu, bank Zimbabwe diizinkan untuk menggunakan berbagai mata uang asing seperti Rand Afrika Selatan, Euro, Dolar AS, dan Poundsterling untuk semua transaksi resmi di negara itu.

11. Kota Terbesar
  • Harare merupakan ibukota negara Zimbabwe dan dikenal dengan sebutan nama Salisbury sampai tahun 1982. Harare adalah kota terbesar di negara tersebut dan merupakan pusat perdagangan sekaligus rumah bagi banyak Universitas Zimbabwe.
  • Bulawayo merupakan kota terbesar kedua di Zimbabwe setelah kota Harare dan diperlakukan sebagai sebuah provinsi yang independen. Bulawayo merupakan kota multikultural yang merupakan rumah bagi komunitas berbagai macam etnis di negara tersebut.
12. Wisata unggulan
  • Air Terjun Victoria
    Air Terjun Victoria1
    Jika melakukan Kunjungan ke Zimbabwe tidak akan lengkap rasanya tanpa tur ke air terjun Victoria yang sangat terkenal itu. Air terjun ini diberi nama oleh David Livingstone yang bertujuan untuk menghormati Ratu Victoria pada tahun 1855.
  • Taman Nasional Hwange, taman nasional ini terletak tidak jauh dengan air terjun Victoria. Taman Nasional Hwange merupakan rumah bagi berbagai macam burung langka dan merupakan surga bagi para pengamat burung. Taman nasional ini juga dikenal sebagai cagar alam terbesar yang ada di Afrika.
  • Danau Kariba Safari, danau ini terletak didekat sungai Zambezi, danau Kariba layak untuk dikunjungi terutama pada bulan April sampai bulan Agustus dan sekitar bulan September dan Oktober. Danau ini memiliki banyak pulau-pulau yang indah, pegunungan, dan hutan yang masih alami.

0 komentar:

Posting Komentar