WHAT'S NEW?
Loading...

WoW, Inilah Beberapa Fakta Menarik Mengenai Negara Papua Nugini

new guinea1
Papua Nugini
Papua Guinea Baru atau Papua Nugini  adalah negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua yang berbatasan langsung dengan Provinsi Papua di sebelah barat negara indonesia . Di sebelah selatan Benua Australia dan di sebelah selatan berbatasan dengan negara-negara Oseania. Ibu kota negara ini adalah Port Moresby yang merupakan salah satu kota terbesarnya. Papua Nugini adalah salah satu negara yang paling beragam di Bumi, memiliki lebih dari 850 bahasa lokal asli. selain fakta-fakta diatas masih banyak fakta -fakta menarik lainnya yang harus kita ketahui berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai negara yang bernama papua nugini yang di rangkum dari beberapa sumber :

1. Ada sebanyak 7 juta penduduk yang tinggal di Papua Nugini negara yang letaknya berbatasan langsung dengan negara Indonesia di sebelah barat,  laut Solomon di sebelah timur, laut Bismark di sebelah utara,  Australia di sebelah selatan, dan selanjutnya teluk Papua di sebelah selatan.

2. Pelaut asal Portugis dianggap sebagai orang yang pertama menemukan daratan Papua Nugini ini.

3. Nama New Guinea sendiri diberikan setelah negara Guinea di Afrika.

4. Inigo Ortiz adalah seorang penjelajah asal Spanyol yang mengunjungi daratan ini di tahun 1546.

5. Papua Nugini memiliki ibukota bernama Port Moresby dan merupakan kota terbesar dengan penduduk mencapai 254.000, kemudian diikuti oleh kota Lae, rawa, Mount Hagen, Kokopo, Popondetta,  Madang, Wewak, Gorokadan Aitape.
Port Moresby1


6. Nama Port Moresby adalah merupakan nama yang diberikan oleh seorang Kapten yang bernama John Moresby pada tahun 1873

7. Nama pulau Bouganville diambil dari nama penjelajah asal Perancis yaitu Louis Antonie Bouganville yang menemukan pulau ini pada tahun 1768.
Bouganville


8. Pada tahun 1884 bagian Papua Nugini dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama untuk Jerman dan dan bagian kedua untuk Inggris.

9. Selama Perang Dunia ke II, Negara Jepang menguasai hampir sebagian wilayah di Papua Nugini pada tahun 1942.

10. PNGAA adalah asosiasi Papua Nugini dengan Australia yang didirikan pada tahun 1950 oleh orang yang berhubungan dengan administrasi Papua Nugini, Asosiasia ini mengurusi peristiwa serta sejarah dan kontempor di negara Papua Nugini.

11. Papua Nugini mempunyai sangat banyak bahasa. Ada sekitar 850 bahasa pribumi yang digunakan masyarakat di sana. Bahasa yang paling banyak digunakan adalah bahasa Enga, kemudian ada bahasa Melp, Huli dan serta bahasa Inggris banyak digunakan dalam sistem pemerintahan dan pendidikan di negara tersebut.

12. Harapan hidup orang Papua Nugini mencapai umur 65 tahun dengan demam, malaria, dan hepatitis adalah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di sana. Banyak wanita meninggal pada saat melahirkan 300/100.000 kelahiran dan sekitar 48 dari 1000 bayi meninggal sebelum mereka dilahirkan. Hanya sekitar 39% yang bisa mengakses air bersih, dan hanya 44% jumlah penduduk yang bisa mengakses sanitasi yang sehat. serta sekitar 60.000 orang atau 0,6% orang telah terjangkit penyakit HIV.

13. Mayoritas penduduk Papua Nugini adalah beragama Kristen. Agama tradisional juga banyak dipeluk oleh masyarakat di sana, terutama dalam upacara memeringati kelahiran dan panen hasil bumi.

14. Negara Papua Nugini telah memperoleh kemerdekaan penuh dari Australia pada tahun 1975.

15. Negara merdeka Papua Nugini juga menjadi salah satu anggota negara persemakmuran pada tahun 1975.

16. Monarki Inggris adalah Kepala negara Papua Nugini .

17. Wilayah Papua Nugini adalah termasuk kedalam wilayah Ring of Fire gempa bumi.

18. Sekitar tiga ribu orang dinyatakan meninggal dunia pada tahun 1998 ketika bencana tsunami menerjang pantai barat laut Papua Nugini.

19. Hanya sekitar 18% dari penduduk Negara Papua Nugini yang tinggal di perkotaan.

20. Mata uang Papua Nugini yang digunakan adalah Papua New Guinean Kina yang bersimbol (PGK).
Papua New Guinean Kina1


21. Gunung tertinggi di Negara Papua Nugini adalah Mount Wilhelm, yang memiliki  ketinggian 4.509 m.

22. Karena jalan-jalan dimPapua Nugini yang masih terbatas, maka transportasi udara adalah taransportasi umum digunakan untuk membawa muatan besar. Papua Nugini mempunyai dua lapangan terbang internasional dan memiliki 578 landasan pesawat yang tidak beraspal.

23. Papua Nugini dipercaya sebagai daratan terakhir di dunia yang belum banyak dieksplorasi oleh manusia dan dipercaya mempunyai banyak spesies tumbuhan dan hewan yang belum diketahui hingga saat ini.

24. Di negara Papua Nugini ada perayaan di mana negara membagikan barang-barang berharga atau hewan babi kepada para tamu undangan.

25. Satu-satunya burung beracun yang ada di dunia adalah Hooded Pitohui (Pitohui dichrous) yang merupakan burung asli Papua Nugini.
Hooded Pitohui (Pitohui dichrous)1


26. Pada sekitar tahun 1950-an kanibalisme dan perburuan kepala banyak terjadi di masyarakat suku pedalaman di Papua Nugini.

27. Ada sekitar 160.000 turis mengunjungi Papua Nugini setiap tahunnya.

28. Situs pertanian kuno Kuk adalah situs yang berupa rawa-rawa yang terletak di dataran tinggi New Guinea. Dalam situs tersebut ditemukan sudah ada saluran pengairan yang kemungkinan sudah ada sejak sepuluh ribu tahun yang lalu. dan Pertanian tersebut diperkirakan sudah dilakukan sejak enamratus hingga limaratus ribu tahun yang lalu.
Kuk Early Agricultural Site1


Sumber : semestafakta.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar